Saturday, April 30, 2016

TSM SMK TAKISUNG LAKSANAKAN SERVICE GRATIS

Gbr. 01 : Siswa Melaksanakan Tune Up Sepeda Motor Matic
Dalam rangka meningkatkan dan mengasah kemampuan siswa (i) SMK Negeri 1 Takisung yang memilih kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM) serta meningkatkan mentalitas siswa dalam menghadapi masalah real, Bapak Miftah Darojat, S.Pd.T selaku Ketua Program  Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Takisung mengarahkan siswa (i) Teknik Sepeda Motor untuk melaksanakan service Gratis Sepeda Motor di lingkungan SMK Negeri 1 Takisung.  Kegiatan ini di kemas dengan nama kegiatan TSM  PEDULI yang diselenggarakan setiap hari jum'at dari pukul 07.15 s.d 08.45 Wita bertempat di Halaman SMK Negeri 1 Takisung. 
siswa sedang menyervis sepeda motor manual versi lama
Dalam kegiatan ini konsumen pengguna sepeda motor tidak dikenakan biaya service, kecuali Oli dan Spare part yang membayar. Kegiatan ini dimulai sejak Maret tahun 2016 dengan menghadirkan siswa kelas XI yang telah menyelesaikan magang dan di bantu siswa kelas X yang sudah dianggap mumpuni dalam melaksanakan kegiatan service. Kegiatan ini di ikuti siswa dan guru yang menggunakan sepeda motor berbagai merk, antara lain Honda, Yamaha dan Suzuki dan Kawasaki. Kegatan ini diawasi langsung oleh Guru Teknik Otomotif. Kegiatan ini diharapkan siswa memiliki pengelaman langsung dan pembelajaran berbasis masalah langsung, sehingga didapatkan pengalaman menyervis kendarana dengan masalah yang variatif, alami dan multi dimensi yang akan menuntut siswa (i) menggunakan seluruh kemampuannya dan pengetahuannya dalam menangani masalah kendaraan. Kendaraan yang diservice pun beragam mulai keluaran baru seperti matic dan manual yang usianya rata-rata 10 tahunan dan memiliki masalah yang komplek sesuai konsumen service gratis yang datang membawa kendaraan yang variatif dan tidak dibatasi, dengan demikian saat kembali kemasyarakat dan menjadi teknisi siswa (i) SMK Negeri 1 Takisung telah memiliki pengetahuan yang komplit dalam menangani kendaraan baik kendaraan baru hingga kendaraan lama sesuai apa yang ada di tengah masyarakat. 
Siswa Menyervis kendaraan yang berusia lama
Dalam kegiatan ini pihak kompetensi kehalian telah menyediakan spare part dan oli kendaraan baik merk dari rekomendasi Honda  seperti MPX dll maupun Oli merk lainnya yang digunakan oleh sepeda motor selain honda yang intinya sesuai dengan keinginan konsumen. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2016 dan rencananya akan dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan kegiatan tambahan lainnya seperti Cuci kendaraan yang harapannya dalam upaya peningkatan kualitas siswa dan peningkatan Unit Produksi Program keahlian Teknik Otomotif.

No comments:

Post a Comment