Siswa ATPH SMKN 1 Takisung Praktik Menaman Melon |
Seiring dengan perubahan waktu dan tuntutan pasar industri, SMK Negeri 1 Takisung kembali membuka jurusan/kompetensi keahlian Teknik Pengelasan untuk mendampingi jurusan yang ada yakni Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) sebagai jurusan tertua, Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akuntansi, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM).
Pembukaan jurusan baru ini bukan berarti SMK Negeri 1 Takisung mengalami penurunan minat melainkan sebagai langkah proaktif untuk menjawab pasar dan pemanfaatan maksimal kompetensi tenaga pendidik yang ada. Hingga saat ini SMK Negeri 1 Takisung memiliki lebih kurang 600an siswa dan untuk jurusan yang paling banyak peminatnya antara lain : Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), Akuntansi (AK) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).
Lahan Percontohan tanaman pangan Kel. Tani SMK Takisung |
Selain itu SMK Negeri 1 Takisung juga bersama masyarakat sekitar melakukan kegiatan percontohan menanam tanaman pangan berupa padi di lingkungan SMK Negeri 1 Takisung dengan membina kelompok Tani sekolah yakni Kelompok Tani Agromina di bawah pimpinan Bp. Ir. H. Azhar Muzakkir dan Bapak Irwan Sapto Priyono, S.Pd. Kelompok tani ini dibekali sarana Traktor, Alat perontok padi dan sudah beberapa tahun memproduksi beras kemasan berlabel SMK Negeri 1 Takisung yang didistribusikan oleh Unit Produksi SMK Negeri 1 Takisung. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu percontohan bagi siswa-siswi ATPH bagaimana berwira usaha pertanian dari menanam sampai dengan memasarkan.
Selain itu SMK Negeri 1 Takisung saat ini memiliki lahan perkebunan sawit dan Karet untuk praktik siswa ATP yang telah menghasilkan kelapa sawit yang dikelola untuk sarana praktik dan cara berwira usaha bagi siswa ATP. Sedangkan untuk TKR, TSM telah tersedia Bengkel Mobil dan Sepeda Motor. Untuk jurusan akuntansi telah disediakan Lab Komputer akuntansi dan Untuk komputer dan jaringa telah tersedia lab Komputer dan Jaringan.
No comments:
Post a Comment